Apa yang dimaksud Marmer?
Marmer merupakan bebatuan metamorf yang terjadi saat batugamping alami panas dan dorongan metamorfosis. Ini khususnya terdiri dalam mineral kalsit (CaCO 3 ) serta kebanyakan memiliki kandungan mineral lain, seperti mineral tanah liat, mikas, kuarsa , pirit , oksida besi, dan grafit. Pada keadaan metamorfosis, kalsit dalam batugamping mengkristal kembali lagi membuat bebatuan sebagai massa kristal kalsit yang sama sama menggembok. Bebatuan berkaitan, marmer dolomit, dibuat waktu dolostone mengenyam panas dan desakan

Arti Lain dari Marmer
Nama "marmer" dipakai secara tidak serupa dalam perdagangan batu dimensi. Tiap bebatuan kristal karbonat yang mempunyai potensi buat terima polesan dikatakan "marmer". Nama itu kadang-kadang dipakai untuk bebatuan lunak yang lain seperti travertine, verd unik, serpentin , dan sejumlah batugamping.


Bagaimana Wujud Marmer?
Sebagian besar marmer terbuat di batasan lurus konvergen di mana kebanyakan kerak bumi terkena metamorfosis regional. Sejumlah marmer terjadi lewat metamorfosis contact sewaktu tubuh magma panas memanasi batu kapur atau dolostone yang bersisihan.
Saat sebelum metamorfosis, kalsit dalam batugamping sering berwujud material fosil yang membatu serta puing-puing biologis. Sepanjang metamorfosis, kalsit ini mengkristal dan struktur bebatuan beralih. Pada bagian awalnya perubahan batugamping jadi marmer, kristal kalsit di bebatuan mempunyai ukuran benar-benar kecil. Dalam spesimen tangan yang baru-baru ini hancur, mereka kemungkinan hanya diketahui menjadi kilau sinar manis yang terpantul dari paras belahan dada kecil mereka waktu batu dimainkan dalam sinar.
Sejalan perubahan metamorfosis, kristal tumbuh makin besar serta jadi gampang dikenal menjadi kristal kalsit yang sama-sama berkaitan. Rekristalisasi mengaburkan fosil asli dan susunan sedimen batugamping. Itu pula berlangsung tiada membuat foliasi, yang rata-rata dijumpai di bebatuan yang di ubah oleh desakan terukur dari batasan lurus konvergen.
Rekristalisasi ini yang mengenali pembelahan di antara batu kapur serta marmer. Marmer yang udah alami metamorfosis tingkat rendah dapat punya kristal kalsit yang paling kecil. Kristal bertambah lebih besar sejalan dengan perubahan tingkat metamorfisme. Mineral lempung (jawa) di marmer akan beralih menjadi mikas dan susunan silikat yang lebih kompleks sejalan dengan penambahan tingkat metamorfisme.


Karakter Fisik serta Manfaat Marmer
Marmer berlangsung di pengendapan besar yang tebalnya dapat beberapa ratus kaki dan luas secara geografis. Ini memungkinnya untuk ditambang secara ekonomis dalam jumlah besar, dengan beberapa tambang serta kuari menciptakan juta-an ton per tahun.
Biasanya marmer dibentuk jadi batu pecah atau batu dimensi. Batu pecah dipakai selaku agregat di jalan raya, alas rel kereta api, dasar bangunan, serta macam konstruksi yang lain. Batu dimensi dibuat dengan menggergaji marmer jadi potongan-potongan dimensi spesifik. Ini dipakai di monumen, bangunan, patung, paving dan project yang lain. Kami mempunyai artikel perihal " pemakaian marmer " yang berisi poto serta gambaran marmer dalam pelbagai model manfaat.
Warna: Marmer rata-rata sebagai bebatuan memiliki warna jelas. Kalau tercipta dari batugamping dengan sedikit kotoran, maka dapat warna putih. Marmer yang memiliki kandungan kotoran seperti mineral lempung, oksida besi, atau bahan beraspal bisa mempunyai warna kebiruan, abu-abu, merah muda, kuning, atau hitam.
Marmer dengan kemurnian tinggi sekali dengan warna putih ceria begitu berfaedah. Ini kerap ditambang, dihancurkan jadi bubuk, kemudian diolah buat hilangkan kotoran sebanyak-banyaknya. Produk yang dibuat dimaksud "kapur sirih". Bubuk ini dipakai selaku bahan warna dan pengisi cat, kapur, dempul, plastik, nat, kosmetik, kertas, dan produk manufacturing yang lain.
Reaksi Asam: Tersusun dari kalsium karbonat, marmer dapat bereaksi dalam contact dengan adanya banyak asam, menetralisir asam. Ini adalah bahan penetral asam yang sangat efisien. Marmer kerap dihancurkan dan dipakai buat penetralan asam di sungai, danau, serta tanah.
Ini dipakai untuk netralisasi asam di industri kimia juga. Obat antasida farmasi seperti "Tums" mempunyai kandungan kalsium karbonat, yang kadangkala dibentuk dari bubuk marmer. Beberapa obat ini berguna buat orang yang menanggung derita refluks asam atau masalah pencernaan asam. Marmer bubuk dipakai selaku pengisi inert di pil yang lain
Kekerasan: Terdiri dalam kalsit, marmer punya kekerasan tiga pada nilai kekerasan Mohs. Hasilnya, marmer ringan dibuat, dan itu berfaedah untuk bikin patung serta benda hias. Tembusnya marmer membuat sangatlah memikat untuk banyak macam patung.
Kekerasan serta kelarutan marmer yang rendah memungkinnya dipakai selaku aditif kalsium dalam pakan ternak. Aditif kalsium penting untuk sapi perah dan ayam pembuat telur. Ini pun dipakai selaku abrasif dengan kekerasan rendah buat menggosok peralatan dapur dan kamar mandi.
Kapabilitas buat Terima Poles: Sesudah diampelas dengan abrasive yang makin lembut, marmer bisa dipoles sampai bercahaya tinggi. Masalah ini memungkinkannya potongan marmer yang bagus untuk dipotong, dipoles, dan dipakai selaku ubin lantai, panel arsitektur, batu menghadap, kusen jendela, tapak tangga, kolom, serta banyak potongan batu dekorasi yang lain.

Faedah Marmer


Dipakai di monumen, batu pecah, kosmetik, beberapa obat, dan yang lain.

Marmer serta Manfaatnya
Marmer banyak digunakan untuk mempercantik bangunan, biasa digunakan untuk lantai, lantai marmer membuat rumah dan bangunan terkesan mewah dan elegan.Ada sedikit batu yang punyai manfaat sejumlah marmer. Itu dipakai lantaran keelokannya dalam arsitektur dan patung. Ini dipakai untuk karakter kimianya dalam farmasi serta pertanian. Ini dipakai untuk karakter optiknya dalam kosmetik, cat, dan kertas. Ini dipakai sebab sebagai komoditas mempunyai biaya rendah yang bejibun berbentuk batu pecah yang dipersiapkan untuk project konstruksi. Marmer miliki banyak pembawaan unik yang membuatnya batu memiliki nilai di berapa industri